4 Cara Buat Cappuccino Sendiri tanpa Harus ke Kafe

February 1, 2021 by No Comments

Jika Anda hobi pergi ke kafe, maka minuman yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Kopi yang berasal dari Italia ini memang memiliki banyak penggemar, baik itu pria maupun wanita. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya Anda pun bisa membuat cappuccino sendiri tanpa harus pergi ke kafe? Ya, dengan memperhatikan cara buat cappuccino berikut ini, Anda sudah bisa membuat minuman lezat ala barista.

Awal Mula Cappuccino

Cappuccino pada awalnya dikenal dengan nama Kapuziner di Wina, Austria pada tahun 1700-an. Dilihat dari komposisinya, Kapuziner terdiri dari kopi, gula, krim, dan juga rempah-rempah. Campuran bahan ini membuat minuman tersebut berwarna cokelat. Setelah perang dunia kedua, cappuccino mengalami beberapa perubahan dan juga penyederhanaan di Italia. Sejak itulah cappuccino mulai populer di dunia.

Cara Membuat Cappuccino Sendiri

Setelah sedikit mengetahui mengenai awal mula munculnya cappuccino di dunia, sekarang saatnya Anda akan belajar bagaimana membuat cappuccino sendiri di rumah. Sebelum itu persiapkan terlebih dahulu bahan dan alatnya antara lain mesin espresso, pemanas susu, teko susu, cangkir cappuccino, kopi espresso bubuk, dan susu 4 ons.

1. Persiapan

Untuk awalnya, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan di atas untuk membuat satu cangkir cappuccino. Apabila Anda masih belum memiliki espresso bubuk, Anda bisa menggiling biji espresso secukupnya untuk mendapatkan sekitar 16,5 gram kopi. Setelah espresso siap, tuangkan 4 ons susu ke dalam teko susu.

2. Membuat espresso

Langkah berikutnya adalah pembuatan espresso. Letakkan 16,5 gram espresso bubuk ke portafilter dan tempatkan di mesin espresso untuk mendapatkan dua shot espresso. Agar lebih efektif dalam proses pembuatan, lanjutkan dan seduh espresso langsung ke cangkir cappuccino.

3. Pembuatan steamed milk

Setelah espresso selesai dibuat, selanjutnya buat steamed milk. Yang paling penting dari proses ini adalah tekniknya. Ketika suhu sudah mencapai 71 derajat celcius, Anda harus menggerakkan teko secara vertikal dengan cepat. Hal ini bertujuan agar uap panas benar-benar memanaskan susu. Selain itu, cappuccino membutuhkan busa yang banyak sehingga Anda harus memegang ujung tongkat uap lebih dekat dengan permukaan susu.

4. Menuangkan susu

Langkah terakhir adalah menuangkan susu. Setelah espresso dibuat dan susu sudah menjalani proses steam, Anda bisa menuangkan keduanya pada satu cangkir. Ketika menuang susu, pegang tempat susu dengan jarak sekitar 8 cm di atas cangkir dan tuangkan dengan gerakan vertikal melingkar. Aliran susu ini akan membantu pencampuran susu dengan espresso.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat cappuccino sendiri di rumah. Namun, apabila cara tersebut masih terbilang sulit dan Anda ingin menikmati cappuccino di rumah, Anda bisa mencoba cappuccino dari Nescafe Dolce Gusto. Anda cukup memasukkan dua kapsul ke mesin Nescafe Dolce Gusto, tunggu sebentar, dan cappuccino sudah bisa dinikmati.