September 29, 2021

cooperfund.net

Personal blog yang menyajikan berbagai macam informasi unik dan menarik.

6 Jenis Gula untuk Meracik Kopi Hitam Jadi Lebih Nikmat

6 Jenis Gula untuk Meracik Kopi Hitam Jadi Lebih Nikmat

Jika Anda salah satu kalangan penikmat kopi, pasti sudah hafal jenis gula seperti apa yang umum digunakan dalam meracik kopi. Selain tergantung pada resep, masing-masing jenis gula yang dipakai memberi cita rasa beragam dan dapat mempengaruhi rasa nikmat pada kopi tersebut. Minuman kopi yang kian populer karena manfaat kopi hitam serta tentu saja rasanya yang khas ini bisa diracik menyesuaikan selera, dari mulai metode, hingga takarannya.

Gula yang Digunakan pada Minuman Kopi

Walau lebih banyak masyarakat pada umumnya menggunakan gula putih biasa pada kopi, sebenarnya banyak ragam jenis gula yang bisa digunakan dan menambah variasi racikan kopi.

1.     Brown Sugar

Pertama ada brown sugar yang dibuat dengan tambahan molase, sehingga sekilas serupa dengan gula aren. Untuk bentuknya sendiri berupa pasir kristal seperti gula putih biasa. Hanya saja sering disajikan dalam bentuk cube. Aroma dan cita rasanya lebih manis bercampur gurih seperti karamel.

2.     Gula Aren

Berikutnya ada gula aren atau palm sugar. Gula ini berasal dari sari pohon aren atau sering disebut dengan nira. Biasanya berbentuk padat dan keras serupa dengan gula jawa. Namun banyak produsen yang sengaja membuatnya berbentuk hancur atau bubuk untuk lebih mudah diolah, serta lebih mudah dikonsumsi. Tekstur pada gula aren sedikit lebih padat dan terkadang terdapat gumpalan yang sulit dilarutkan, sehingga harus disaring.

3.     Gula Putih

Gula putih sebagai gula paling umum ini menurut para peracik kopi kurang nikmat bisa digunakan pada racikannya. Hal ini berhubungan dengan cita rasanya yang pure manis tanpa aroma khusus. Tetapi banyak pula peracik kopi yang menggunakan gula putih sebagai campuran.

4.     Gula Diet

Ingin mendapat manfaat kopi hitam lebih maksimal? Anda bisa ganti jenis gula pada kopi Anda dengan gula diet. Gula diet ini bisa apa saja dan sangat beragam. Dari mulai gula jagung yang umum dianggap sebagai gula diet dengan harga terjangkau dan mudah didapatkan, hingga menggantinya dengan stevia.

5.     Kental Manis

Anda bisa pula gunakan jenis gula yang berbentuk kental manis. Kental manis memang memberi sedikit rasa susu dan menambah kental dalam kopi. Bahkan Anda pun bisa campur kental manis dengan tambahan sedikit gula lainnya untuk memaksimalkan cita rasa kopi.

6.     Sirup Perasa Tambahan

Selanjutnya ada gula yang berasal dari perasa tambahan berupa sirup. Variasinya sangat banyak seperti caramel dan vanilla. Selain memberi cita rasa spesial, aroma dan taste yang diberikan juga berbeda.

Mengonsumsi kopi setiap hari dengan cara yang benar akan memberi manfaat kopi hitam pada kesehatan tubuh. Mulai dari terhindar dari stress, hingga meminimalisir risiko penyakit jantung dan diabetes. Salah satunya dengan memilih jenis gulanya.