Hati-Hati, Ini Aturan Pemberian Susu Energi Anak

February 10, 2021 by No Comments

Susu energi anak baik untuk dikonsumsi agar anak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Kebutuhan energi si kecil bisa terpenuhi dengan baik salah satunya lewat jenis minuman susu energi. Namun, orangtua perlu berhati-hati dalam memberikan minuman ini kepada si kecil.

Aturan Pemberian Susu Anak

 

Berikut adalah beberapa aturan yang perlu dipahami.

1.    Jangan Berlebihan

Jaga anak agar selalu mengonsumsi makanan maupun minuman dalam dosis yang tidak berlebihan. Meskipun memang saat ini ada pilihan minuman susu energi rasa coklat yang sangat enak rasanya. Rasa yang lezat bukan tidak mungkin membuat anak ketagihan dan ingin minta terus-menerus.

Sebagai orangtua, sebaiknya Anda bersikap tegas dan tidak memberikan minuman susu energi secara berlebihan. 1 hingga 2 kali sehari saja sudah cukup untuk membantu si kecil mendapatkan energi kembali.

2.    Hindari Tambahan Gula

Sangat dianjurkan untuk tidak memberikan tambahan gula ke dalam minuman si kecil. Hal ini berlaku untuk jenis minuman lainnya. Pemanis tambahan seperti gula sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi oleh anak. Apalagi jika konsumsinya berlebihan. Hal ini tentu saja bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Penyakit diabetes tidak hanya bisa menyerang orang dewasa tapi juga ditemukan pada anak. Kondisi ini tentu tidak diharapkan oleh semua orangtua. Jadi, jika ingin memberikan minuman kepada anak akan jauh lebih baik jika tidak diberi tambahan gula apapun.

3.    Pastikan Anak Tetap Makan

Meskipun mengonsumsi susu energi anak, sangat disarankan untuk tetap memperhatikan jadwal makan mereka. Minuman ini mungkin memang memberikan energi bagi si kecil, namun bukan berarti mereka tidak membutuhkan makan lagi. Tetap pastikan anak mendapat asupan gizi lengkap dari makanan yang mereka konsumsi.

Mengatur jadwal makan si kecil sangat penting untuk dilakukan agar anak terbiasa dengan hal tersebut. Pastikan untuk tidak memberikan susu apapun mendekati jam makan mereka. Minum susu energi mendekati jam makan bisa membuat anak enggan makan dan hal ini bisa terjadi secara terus-menerus.

4.    Diberikan di Usia yang Tepat

Orangtua sebaiknya mulai memberikan susu energi saat anak menginjak usia lebih dari 2 tahun. Kurang dari itu, anak sebaiknya menerima ASI atau susu formula lainnya. Terlalu dini memperkenalkan anak pada susu energi juga tidak disarankan karena bisa berpengaruh pada kesehatan mereka.

Bahkan beberapa sumber mengungkapkan bahwa susu energi sebaiknya dikonsumsi setelah anak masuk usia 5 tahun. Jadi, pastikan untuk lebih bijak memperkenalkan beragam jenis makanan maupun minuman kepada si kecil. Semakin besar usia mereka, semakin tinggi energi yang dibutuhkan sehingga tidak masalah untuk memberikan susu energi.

Itulah tadi beberapa aturan pemberian susu energi anak. Anda bisa memilih susu energi dengan kandungan gizi paling lengkap dan yang pasti punya rasa lezat seperti rasa coklat.