August 2, 2021

cooperfund.net

Personal blog yang menyajikan berbagai macam informasi unik dan menarik.

Lebih Mengenal Macronutrient dan Micronutrient Dalam Konsumsi Harian Anak

Lebih Mengenal Macronutrient dan Micronutrient Dalam Konsumsi Harian Anak

Kesibukan orang tua kerap menjadi alasan yang sering diungkapkan ketika mereka mendapati anak mereka sakit. Padahal peran orang tua sangat penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebab, melalui bantuan peran orang tua anak menjadi mengerti kegiatan buruk dan baik yang mereka lakukan. Terutama ketika menyangkut masalah konsumsi makanan harian mereka.

Banyak anak yang jatuh sakit semasa mereka tumbuh dan berkembang karena orang tua mereka sibuk. Kesibukan orang tua mereka tersebut menyebabkan pola konsumsi harian anak menjadi bebas dan tidak terkontrol. Hal ini menyebabkan imunitas anak menjadi rendah dan menyebabkan ragam penyakit. Sebab itu, ada baiknya anda memperhatikan menu harian yang dikonsumsi anak anda.

Semasa anak tumbuh dan berkembang, anak membutukan menu sehat untuk anak untuk menunjang kesehatan dan gizi harian mereka. Dimana menu sehat untuk anak ada banyak sekali macam dan ragamnya yang akan menunjang kesehatan dan pertumbuhan anak. Menu sehat untuk anak adalah menu yang mengandung kebutuhan nutrisi anak seperti macronutrient dan micronutrient. Kecukupan kedua jenis nutrisi tersebut apabila dilewatkan begitu saja akan menyebabkan ragam penyakit.

Macronutrient merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tubuh manusia baik anak maupun orang dewasa. Dimana macronutrient yang baik untuk tubuh anak adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Berikut merupakan penjelasan dari nutrisi menu sehat untuk anak tersebut.

 

1. Karbohidrat merupakan komponen utama dalam menyumbang energi pada tubuh. Komponen ini ditemukan dalam produk olahan seperti nasi, roti dan mie.

2. Protein sendiri disebut zat pembangun tubuh karena berfungsi sebagai nutrisi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Kandungan nutrisi ini ditemukan dalam lauk pauk seperti daging ayam, daging sapi, ikan dan telur.

3. Lemak merupakan komponen cadangan energi dalam tubuh. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan energi dalam bentuk karbohidrat maka tubuh akan membakar lemak untuk energi tubuh. Komponen lemak yang dibutuhkan tubuh tersedia dalam produk olahan daging sapi, alpukat, ikan, daging ayam dan susu.

 

Ragam macronutrient tersebut yang ada dalam menu sehat untuk anak dibantu kinerjanya oleh micronutrient. Sesuai dengan namanya, komponen nutrisi ini dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tubuh. Meski demikian komponen nutrisi ini sangat penting dalam menunjang performa tubuh. Adapun komponen yang termasuk micronutrient adalah

 

1. Vitamin merupakan komponen organik yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja tubuh. Dimana ada vitamin A, B kompleks, C, D, E dan K yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Makanan yang mengandung vitamin biasanya berupa sayuran segar.

2. Mineral merupakan komponen anorganik yang dibutuhkan tubuh. Kebanyakan mineral dibutuhkan sebagai zat pembentuk dan penunjang kesehatan tubuh. Contohnya zat besi untuk pembentukan sel darah merah.

3. Serat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan dan menyerap kolesterol jahat. Baik vitamin, mineral dan serta ditemukan dalam buah dan sayuran. Sehingga penting menjaga menu sehat untuk anak dalam konsumsi harian mereka.